Rabu, 27 Juli 2016

Blacklist : Pras Holiday Holishit

Mohon maaf karena harus memotong cerita di Semarang dahulu, namun apa yang saya akan ceritakan ini adalah peringatan bagi teman teman pembaca untuk hati hati dalam memilih travel agent yang akan mengadakan open trip.

Demi menghabiskan Liburan yang masih cukup panjang, saya pun berniat untuk pergi ke Derawan, Kalimantan Timur bersama adik saya, pada awalnya kami memutuskan untuk pergi berdua backpacker ke Derawan tanpa mengikuti open trip, namun setelah mencari informasi lagi ternyata bepergian berdua ke Derawan cukup mahal jika tidak mengikuti open trip atau melakukan share cost. terlebih karena kami ingin ke talisayan untuk bertemu hiu paus. kami pun mencari Travel Agent untuk mengikuti open trip, namun sayang salah satu Travel Agent yang terpercaya,  kuota telah penuh, saya pun mencari cari lagi paket open trip ke Derawan. saya mencari paket ini di kaskus, dan mendapatkan thread paket perjalanan open trip ke Derawan yang dibuat oleh akun bernama wchbike.

kami pun langsung menghubungi lewat Whatsapp saat itu juga, ia mengaku bernama Mas Budi dan ia menjelaskan detail informasi open trip dengan sangat jelas, juga memperlihatkan perjalanan ke derawan sebelumnya, sistem pembayarannya pun tidak menyusahkan, tidak ada rasa keraguan sama sekali terhadap mas Budi. tidak butuh waktu lama untuk berfikir saya pun mendaftarkan diri dan adik saya untuk mengikuti Trip ini.

Mas Budi mengaku bisa membantu memesankan tiket pesawat lewat skyscanner, dengan syarat fotokopi KTP saat itu, saat itu saya meng-iyakan untuk meminta bantuan Mas Budi memesan tiket pesawat, namun selang 3 hari tidak ada kabar sama sekali, whatsapp saya tidak dijawab juga tidak bisa dihubungi, dan ia pun tidak meminta KTP sebagai persyaratan pemesanan tiket pesawat, dari sinilah saya mulai merasa ragu

Gelisah karena tidak ada kabar, saya pun menelepon dengan nomor yang sebelumnya tidak dapat dihubungi, saya pun menanyakan bagaimana tiket pesawat, dia meminta maaf karena saat itu dia sibuk berjalan-jalan dengan keluarganya. saya maklumi karena hari itu memang beberapa hari setelah lebaran. akhirnya saya memutuskan untuk membeli tiket sendiri. saat itu saya masih percaya 100% kepada mas Budi walaupun ada keraguan sebelumnya namun setelah menghubungi Mas Budi saya merasa mungkin hanya saya saja terlalu takut karena baru pertama kali mengikuti Open Trip.

Sebelumnya Mas Budi pernah mengatakan bahwa H-7 ada pembayaran Dp sebesar 1 juta, namun mulai dari H-7 sampai H-4 Mas Budi tidak dapat dihubungi sama sekali, di SMS, Whatsapp tidak dijawab, telepon tidak dapat dihubungi, pada saat itu saya benar2 gelisah dan khawatir mengenai kejelasan trip ini karena saya sudah memesan tiket pesawat dan Hotel terlebih setelah ke Derawan saya akan ke Banjarmasin untuk mengunjungi saudara, peralatan untuk ke Derawan sudah saya Beli seperti baju selam, Waterproof untuk Kamera, dan Lain-lain. Karena tidak dapat dihubungi saya pun mencari identitas Mas Budi lebih lengkap, sesuai nama akun kaskus, saya search melalui Instagram wchbike dan saya menemukan wajah yang sama dengan di kontak yang profile picture Mas budi di Whatsapp.

dengan hati-hati saya telusuri instagram "wchbike" ini dan membaca komen-komenya, disitu saya mendapatkan tentang Mas Budi lebih jauh, ternyata Mas Budi ini dipanggil oleh teman temannya adalah Mas Pras, ya nama lengkap nya adalah Prasetya Budinugroho. saat saya melihat Komennya, ada yang bertanya nomor telepon mas "budi" atau Pras ini. saya pun menyimpan nomornya dan menelepon Mas Budi Pras ini, namun tidak dijawab. Ayah saya menanyakan bagaimana perjalanan ke Derawan ini menanyakan kepada saya bagaimana kejelasan trip ini, ia khawatir karena saya membawa adik saya yang masih dibawah umur. 

Setelah Mencoba menelepon dengan hampir 10 kali, telepon pun diangkat, saya bertanya bagaimana kejelasan Trip ini dengan gelagapan ia menjawab "iya mas maaf saya kemarin baru dari pulau dan tidak ada sinyal hape saya mati, sebentar saya cek grup dulu ya mas tentang Derawannya" saya pun bingung kenapa dia saja tidak tau kepastian perjalanannya padahal ini sudah H-4 saya terus menekan untuk kepastian trip ini, Ayah merebut Handphone saya dan berbicara kepada Pras, menanyakan alamat Pras dan kejelasan trip ini sambari mengancam halus kepada mas Pras, ya dia memang seorang pengacara mungkin dia sudah tahu mana orang yang bohong atau jujur, singkat cerita Mas Pras ini pun berjanji akan mengabari kami.

kabar yang ditunggu pun tak kunjung datang sampai hari ini, trip yang sudah direncanakan sebaik mungkin ini sudah tidak jelas sama sekali. saya sudah cukup menghabiskan banyak biaya untuk Booking tiket dan Hotel serta membeli peralatan lainnya. pada saat anda menyimpan nomor telepon seseorang maka Id Line nya akan otomatis menjadi friend anda. dan Mas Pras ini menjadi teman di Line saya, saya buka Home nya dan ada link yang terhubung ke thread di kaskus. adalah thread dia dulu dengan akun yang lain, thread nya berisi open trip ke Derawan yang nampaknya tidak jelas juga, di comment ada yang menghujat Mas Pras ini dan melampirkan beberapa link, 



Berikut adalah thread beberapa korban Pras yang ditulis di web Backpacker Indonesia diantaranya ada yang mengaku bahwa trip wisata yang bernama "PRAS HOLIDAY HOLISHIT" ini tidak bertanggung jawab dan tidak profesional, paket yang dijelaskan di itinerary tidak sesuai dengan kenyataan, tidak mengutamakan keselamatan peserta contohnya kapal berkapasitas 25 orang dimasukkan 50 orang membuat kapal berpotensi tenggelam, malah sudah ada yang sudah membayar DP namun karena ketidak jelasan trip ini, ia pun dilaporkan ke Polisi karena sudah ditipu oleh Pras ini. jika tidak percaya silahkan anda buka link tersebut. Open trip ini benar-benar tidak jelas dan tidak bertanggung jawab, saya pun memutuskan membatalkan semuanya dan melakukan refund pada pesawat dan hotel, Pras Holiday Holishit sudah masuk daftar blacklist saya dan sebaik nya teman-teman traveller pun berhati hati dengan Pras ini karena dia bisa saja memakai nama dan modus yang berbeda.


Untuk Mas Budi Alias Pras:

Kerugian Materil Tentu saja ada walaupun saya belum membayar Dp, semua booking harus saya refund walaupun hanya 75% yang kembali, jika Anda Mas Pras ingin membersihkan namanya silahkan ganti kerugian yang saya alami karena "terlalu percaya pada Anda" namun itu kembali ke nurani anda untuk mengganti uang tersebut, saya tidak akan memaksa. Namun Anda (Pras) tidak dapat mengganti kerugian batin yang saya alami, ya saya benar-benar excited untuk pergi ke Derawan dan saya membeli berbagai macam perlengkapan untuk selama disana, saya telah menggantungkan Impian saya untuk berenang bersama Hiu Paus Kepada Anda (Pras), Mungkin Untuk Anda Pergi ke Derawan bukanlah hal sulit, namun bagi saya, saya hanya memiliki waktu terbatas untuk pergi kesana dengan mengupayakan usaha sekuat mungkin agar bisa mencapai Derawan. Terima Kasih telah membuang waktu saya, dan menghancurkan rencana yang telah saya buat. semoga Karma Menyertai anda karena banyak korban yang telah anda tipu dan anda rugikan, mungkin sekarang anda bisa bersantai santai dirumah namun dosa anda terhadap orang-orang yang anda rugikan tidak akan hilang begitu saja.

kepada teman-teman Traveller alangkah lebih baik jika lebih selektif dalam memilih paket wisata, tetaplah curiga dan jangan mudah percaya, Tanyalah se detail detailnya tentang open trip yang akan anda ikuti, jika memungkinkan untuk melakukan backpacker bepergian lah backapcker bersama teman anda, tidak usah mengikuti paket wisata karena kearifan warga lokal lebih baik daripada Penipu Open trip yang tidak jelas ini dari Pras Holiday Holishit ini yang berdomisli di Palmerah, Senayan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar